Selasa, 02 Desember 2008

Aplikasi Biopigmen Fikosianin dari Spirulina fusiformis sebagai Pewarna Minuman

Pada awal tahun dua ribu delapan saya berkesempatan untuk menyampaikan persentasi hasil penelitian saya dan sebagai pemakalah di Seminar Nasional Pangan yang diadakan oleh PATPI (Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia) di Yogyakarta. Dengan Judul "Aplikasi Biopigmen Fikosianin dari Spirulina fusiformis sebagai Pewarna Minuman" Kesempatan saya ini di promotori oleh Drs. Tjandra Chrismadha, M.Sc. dan bimbingan Ir. Iriani Setyaningsih, MS dan Desniar,S.Pi. M.Si.
Berikut adalah Abstrak dari makalah.
ABSTRAK
Aplikasi Biopigmen Fikosianin dari Spirulina fusiformis sebagai Pewarna Minuman

Johan Mohammad(1), Tjandra Chrismadha(2), Iriani Setyaningsih(1), Desniar(1)

Dept. Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor(1)
Puslit Limnologi LIPI Cibinong, Bogor(2)

Dewasa ini banyak produk pangan yang menggunakan zat warna untuk meningkatkan daya tarik produk bagi konsumen. Zat warna (pigmen) yang digunakan dalam produk pangan ada yang bersifat alami dan buatan (sintetis). Zat warna yang umum digunakan dalam produksi produk pangan adalah pigmen sintetis seperti allura red dan rodhamin B karena harganya murah, mudah didapat serta memiliki stabilitas yang tinggi. Akan tetapi ditinjau dari segi keamanan pangan, penggunaan pigmen sintetis dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan karena mengandung residu logam berat dan bersifat karsinogenik. Untuk itu perlu adanya zat warna alternatif yang aman dan dapat diaplikasikan pada produk pangan.
Zat warna alami (biopigmen) dapat dijadikan sebagai alternatif zat pewarna yang aman bagi produk pangan. Biopigmen dapat diperoleh dari ekstrak mikroalga. Mikroalga seperti Spirulina fusiformis dapat menghasilkan biopigmen fikosianin. Fikosianin adalah pigmen biru yang bersifat larut air sehingga dapat diaplikasikan sebagai pewarna minuman.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengekstrak biopigmen fikosianin dari Spirulina fusiformis serta mengaplikasikannya sebagai alternatif zat pewarna yang aman pada minuman.
Metode penelitian yang dilakukan meliputi kultivasi Spirulina fusifromis, pengeringan biomassa sel Spirulina fusiformis, ekstraksi biopigmen fikosianin dengan buffer fosfat, uji stabilitas fikosianin terhadap kondisi suhu penyimpanan, serta aplikasi biopigmen fikosianin pada minuman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar fikosianin yang didapat sebesar 8,09%; total klorofil 4,03µg/L, persen klorofil 0,063%, total protein 232,98µg/ml dan persen protein 58,25%. Warna pigmen fikosianin yang disimpam pada suhu dingin (4ºC) dan beku (-18ºC) dapat stabil (absorbansi warna tidak berubah) sampai 4 minggu. Minuman yang diberi fikosianin dengan konsentrasi 10 % (v/v) memiliki tingkat kesukaan panelis tertinggi.

Kata kunci : Spirulina fusiformis, biopigmen, fikosianin, pengeringan, minuman.

7 komentar:

ivan mengatakan...

Saya tertarik dengan penelitian Mr Johan. Bisa tolong diberi penjelasan teknis lebih rinci, demi tugas kuliah saya? Insya Allah saya pasti mencantumkan bahwa ini penenilitian Mr Johan.
terimakasih atas kebaikannya

Unknown mengatakan...

mas yohan boleh minta bahan2 tentang biopigmen te...
saya sekarang lagi penelitian tentang pigmen dari mikroalga...
maksieh

Dunia Johan mengatakan...

buat Mr.Ivan dan Mas Fauzi.. alamat email saya Johan.mohammad@gmail.org YM dan FB saya thpman@plasa.com

kita diskusi dulu ya.. supaya koleksi bahan yang saya kasih bisa tepat guna..

salam

qipast mengatakan...

aslm…
saya tertarik dengan artikel saudara, kalau boleh bisakah saya mendapatkan informasi lengkap mengenai hal itu (misalnya jurnal atau lainnya) ????

terima kasih sebelumnya…
apabila diperbolehkan…mohon dikirim pada email saya di
qipast_hu@yahoo.com

Anonim mengatakan...

mas, mau donk gmn cara mengekstrak fikosianin nya secara jelas,,,
buat skripsi juga nii...^^

Anonim mengatakan...

mas mau cara mengekstak fikosianinjuga donk,,saya dari ipb jga jurusan fisika,,,saya juga lg butuh rfrensi tnntang fikosianin nech,,kl boleh&ada tlong krim via email yah : zyu_ka@yahoo.com

Unknown mengatakan...

Prediksi Skor Piala Dunia Tunisia VS Inggris 19 Juni 2018
Prediksi Skor Tunisia VS Inggris 19 Juni 2018
Prediksi Bola Tunisia VS Inggris 19 Juni 2018
Prediksi Akurat Tunisia VS Inggris 19 Juni 2018
Prediksi Skor Iran VS Spanyol 21 Juni 2018