Rabu, 03 Desember 2008

Tujuh keajaiban.. Indonesia (not Dunia)

Suatu saat di salah satu kelas sekolah dasar..

Bu Guru : "Anak-anak,..coba sebutkan tujuh macam keajaiban dunia….!"
lalu para siswa berebutan menjawab.. (abis gampang sih..)

Erick : "I things thats pretty simple, let say, Pisa tower, Eiffel tower, the pyramids, Taj mahal, the great walls of China, Colloseum, and Borobudur temple. Thats all written on my Dad`s encyclopedia…"

Bu Guru : "Ok, lets say thats was great… another one?"

Engkus : "Ku abdi di cobian Bu.. nu Kahiji.. Ka`bah, kadua.. piramid, katilu..tembok Cina, ka opat.. taj mahal, ka lima.. menara pisa, ka genep.. menara eifel, anu ka tujuh borobudur.. eta teh ngutip ti RPUL, lLeres teu bu?"
Bu Guru : "Sae..sae.. cing aya nu sejen.." (bagus..bagus, coba ada yang lain?)
Erika : "Gimana sih.. semua pada katrok ndeso.. gitu aja masih ga tau..? liat donk update-an terbarunya di internet. ensiklopedia jadul ama RPUL masih di pake.. pliss deh.. semuanya kalah gaul sama aku.. Yang bener gini bu.. catet ya temen- temen..
1. tembok besar cina
2. taman Petra jordania
3. Patung kristus di brazil
4. Machu pichu di Peru
5. Chicen itza (Piramidnya bangsa inka, maya)
6. Colloseum
7. Tajmahal..
Itu semua hasil poling suara terbanyak yang paling update versi dunia, dikutip dari wikipedia.org. Sekarang piramida cuma peringkat 8 dari 21 finalis. menara pisa , borobudur sama Ka`bah udah ga masuk list lagi di daftar finalisnya…"
(Kapan yah di polingnya?.. gw kayaknya gak pernah ikutan tuh.. :( red).
Kelas mulai ricuh , anak-anak gak terima dan mulai mengeluarkan pendapatnya masing-masing sambil saling lempar-lemparan bangku. Sementara itu, Bu guru sedih.. di duduk dipojokkan kelas..dia menangisi Ka`bah sama Borobudur yang udah ga masuk 7 besar lagi, dia nyesel kenapa ga ikutan poling sms..(emang pake sms ya? hehe.. kaya AFi aja..).

FYI, sekarang Tujuh Keajaiab Dunia (The sevens miracle of Worlds) itu dipilih berdasarkan poling terbanyak masyarakat dunia yang di adakan di internet (tauk, situsnya apaan..). jadi artifak2 ajaib suatu negara bisa jadi salah satu dari "tujuh Keajaiban Dunia" bila masyarakatnya melek internet dan ikutan poling tersebut. (Makannya Pak Mentri Kebudayaan.. ayo dong.. gawe yang bener.. kasih tau rakyatnya kalo yang beginian itu penting untuk melestarikan budaya dan kekayaan heritage bangsa, biar kita2 yang melek internet bisa ikut poling..minimal kasih iklannya).
Dari pada kita pusing mikirin. Tujuh keajaiban dunia yang secara ajaib di ubah-ubah peringkatnya (gak tau sama siapa..bikin panas ati aja..) Mendingan kita sedikit rileks sambil bikin tujuh keajaiban yang ada di negeri kita ter cinta ini. (btw gw kesel karena Ka`bah sama Borobudur dah gak termasuk 7 keajaiban dunia lagi).
Jadi Gini Ceritanya,..
Puasa kemaren gw diundang buka puasa bersama di rumah salah satu dosen gua. abis buka gua ngobrol-ngobrol dengan anaknya yang masih SD, gak sengaja gw iseng nanya apa aja yang termasuk keajaiban dunia? eh di jawab tuh. Tapi aneh, kok jawabanya beda ya ama yang gw pelajarin waktu SD dulu (soalnya Ka`bah ama borobudur kok ga disebut) . Ah biarin aja mungkin gw yang lupa.. Sampe kostan gw masih penasaran, gw buka tuh RPUL (Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap), ternyata bener, gw gak salah.. jawaban gw masih sama kayak yang tertulis di RPUL. karena masih penasaran gw usut tuntas tuh masalah tujuh keajaiban dunia ke meja hijau eh ke warnet.. disitu gua tau jawabanya. ternyata.. huh..kudu poling..

Seminggu kemudian gw pulang ke Bandung, selama perjalanan gw merenungi (ce..ilee) nasib Ka`bah dan Borobudur yang udah gak masuk tujuh keajaiban dunia lagi.. sambil iseng gua mulai bikin list tujuh keajaiban, bukan dari dunia, tapi dari Indonesia.. namanya the seven miracles of Indonesia (Tujuh keajaiban Indonesia) versi gw.

1. Borobudur.. (Sejuta topan badai, bwat yang ngilangin borobudur dari list tujuh keajaiban dunia). Sekarang gw masukin borobudur ke list no.1 of tujuh keajaiban Indonesia. tadinya sih mau Ka`bah, tapi doi kan ga ada di Indonesia jadi ga bisa dong.. lain kali aja ya gw bikin tujuh keajaiban arab kalo gw pulang dari haji atawa umrah. InsyaAllah. Amiin..

2. Monas.. Ini ni.. harusnya masuk salah satu keajaiban dunia juga. Monas itu tinggi, langsing, putih lagi.. tapi sayangnya ga ada cowo yang mau ama doi. (Monas : "emangnya ekye apaan…, kertaaass kali putih.."). Di puncak Monas itu katanya ada emasnya (pantesan cowok2 pada ogah, udah punya emas sih..hihihi... garing) tapi kalo beneran itu dari emas, kenapa ga ada yang nyolong ya.. kan tau ndiri orang indonesia suka nyolong yang kinclong-kinclong.. jadi curiga, beneran ga sih itu emas? ajaib kan.. hehehe

3.Puncak Jayawijaya, Kalo yang ini gw belum pernah datengin.. jauh coy di Papua. Tapi katanya, Doi merupakan puncak gunung tertinggi di indonesia (salut ama yang ngukur sambil bawa meteran). Saking tingginya, puncak Jayawijaya merupakan satu-satunya tempat yang ada saljunya di indonesia bahkan di asia tenggara. Ajaib kan.. Tapi ups sori, sekarang jayawijaya ada saingan, yaitu mall taman anggrek, disana ada saljunya juga. kasian deh Doi.
4. Burung Garuda, Garuda pancasila akulah pendukungmu.. Ini burung paling aneh.. selama gua kuliah di IPB, gw udah nanya pakar biologi dan dokter hewan paling canggih tentang nama latin burung ini. gak ada yang tau. Dari TK sampe sekarang, lewat lagu garuda pancasila, kita disuruh mendukungnya sebagai patriot proklamasi. Kita harus tau jumlah bulu sayap, leher sama ekor dan makna2 gambar yang ada di kalung bling-blingnya. tapi, kita gak tau burung garuda asalnya dari daerah mana, jenis kelaminya apa, kenapa dia nolehnya kekanan gak kekiri, no Hpnya berapa. Ajaibnya, kita pasti bangga menyematkan lambang doi dilengan baju saat kita jadi kontingen lomba cerdas cermat fisika di luar negri.

5. Kali Ciliwung, Dinas kesehatan, dinas perairan, dinas kebersihan, dan dinas-dinas lain yang ada di Indonesia sepakat kalo kali ciliwung itu adalah kali paling jorok, paling ndeso, dan paling katrok di Indonesia. but ajaibnya.. sungai ini menjadi sungai paling berpengaruh bagi penyokong kehidupan metropolitan ibukota Indonesia. sumpah gw kalo jalan di sebelah doi pengen nangis sambil nahan muntah. tapi man.. orang idup di situ. ada yang nyuci, mandi, masak, pake air dari situ. Ini jadi indikator kalo orang indonesia kuat-kuat dan kebal dari penyakit. ajaib ga tuh. Sekarang sih udah keren dikit karena udah ada water way disana, walau jumlah sampahnya lebih banyak dari debit air.

6. Indomie, Siapa sih orang Indonesia yang gak pernah makan Indomie? dari sabang sampai merauke, dari jabang bayi sampe kake-kake.. pasti doyan Indomie.. Indomie itu harusnya dikasih penghargaan Nobel perdamaian. karena dengan adanya indomie, bangsa kita yang bhineka, jadi bersatu. Ga ada perbedaan antara si kaya sama si miskin, ga ada perbedaan antar umat agama, gak ada perbedaan antara pejabat sama rakyat, gak ada perbedaan antara anak punk dan anak hip-hop. semuanya pasti pernah makan indomie.. bahkan ke 6 presiden kita, pasti pernah makan Indomie.. ajaib.. setuju kan.. bahkan kata tante gw yang sering ke luar negri.. disetiap negara pasti ada produk indomie dan pasti ada yang beli dan pasti ada yang suka..

7. Gadis manis XL Rp.1, sori ini bukan iklan atau pesan komersil. Gw gak pernah pake XL kok. Gw nyebut doi gadis manis XL, Knapa? karena gw ampe sekarang ga tau namanya siapa (tau kan yang mana.. itu loh cewe manis di iklan XL, yang make baju warna orange ada tulisan Rp.1-nya) Ajaibnya.. foto dia ada di mana-mana man.. sepanjang perjalanan gw mudik dari bogor ampe bandung lewat puncak gw yakin gw liat foto dia lebih dari 1000 kali, setiap 100 meter ketemu lagi. baik di plang jalan atawa di poster warung. Dan gw yakin masih ada 1000000000000000000000000000000 foto doi lagi yang mejeng di jalan dan counter Hp di seluruh indonesia, Poster kampanye SBY-JK aja mungkin kalah banyak. Ajaibnya sampe sekarang gw ga tau tu cewe namaya siapa.. ajaib kan? biasanya kalo cewe model iklan yang banyak dipajang bisa langsung diajak main film atau sinetron. tapi gadis manis XL ini sampe sekarang belum pernah gw liat di sinetron atawa film manapun. jadi curiga kayaknya dia cuma bisa senyum doang, taunya gagu hehe.. neng siapa nama kamu teh.. kenalan atuh…

3 komentar:

Weko Abhinimpuno mengatakan...

Hahahah.. kocak2...

Unknown mengatakan...

johaaan,,dpt link blog lo dari angling...kocak deh,,serius,,hehe...

toska mengatakan...

haha , yang gadis xl MANIS ITU lUCU :pP